Cara Mudah Merawat Busana Wanita Agar Selalu Seperti Baru

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk semua orang. Selain berfungsi sebagai pelindung tubuh, pakaian juga dapat membuat setiap penampilan Anda jadi lebih menarik asalkan Anda pandai memadukan setiap setelan pakaian Anda. Ada banyak sekali jenis pakaian, salah satunya adalah busana wanita moderen yang belakangan ini semakin banyak dicari dan diminati oleh kalangan wanita. Keinginan wanita untuk selalu berbelanja pakaian adalah hal yang wajar, ini dikarenakan mereka menganggap bahwa pakaian dengan model baru selalu bisa mengalahkan kualitas pakaian lama mereka.

Banyak sekali toko pakaian maupun online shop baju yang selalu kebanjiran order, hal ini terbukti dengan permintaan pasar akan pakaian wanita yang selalu meningkat. Sebenarnya Anda bisa lebih berhemat jika Anda pandai merawat pakaian lama Anda supaya warna dan kualitas bahannya selalu terlihat seperti baru. Merawat pakaian memang memerlukan kesabaran dan kecermatan tersendiri. Akan tetapi, bukan berarti hal ini sulit untuk dilakukan. Berikut akan kita bahas bagaimana cara mudah merawat pakaian, yaitu:

  • Jangan terlalu sering dicuci.

Terlalu sering mencuci pakaian atau busana Anda dengan maksud mengilangkan kotoran justru akan berakibat kurang baik karena bisa membuat warna pakaian menjadi pudar dan bisa merusak serat kainnya. Jika pakaian yang sudah Anda kenakan belum terlalu bau dan kotor akan lebih baik jika Anda tidak langsung mencucinya dan bisa dipakai kembali, untuk membunuh kuman, Anda bisa menjemurnya 2-3 jam dibawah terik matahari namun dengan posisi pakaian yang dibalik yaitu bagian luarnya berada di dalam.

  • Memisahkan pakaian saat di cuci.

Karena beberapa warna pada pakaian biasanya rentan luntur, maka akan lebih baik jika Anda memisahkan pakaian yang akan Anda cuci dengan warna yang sama. Caranya adalah dengan mencuci pakaian yang berwarna putih terlebih dahulu, kemudian warna terang dan warna gelap. Jangan lupa untuk memperhatikan juga bagaimana tingkat kelembutan kain pakaian tersebut.

  • Gunakan air dingin untuk mencuci.

Menggunakan air dingin untuk mencuci pakaian atau busana wanita  akan lebih baik, karena air dingin tidak akan merusak serat kain seperti air panas. Akan lebih baik lagi jika Anda mencuci pakaian Anda secara manual dan tidak menggunakan mesin cuci. Ini bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan mesin cuci sama sekali, jika ingin mencuci menggunakan mesin cara pertama adalah sikat beberapa bagian yang paling kotor menggunakan sikat yang lembut kemudian cucilah menggunakan mesin dengan tidak mengatur waktunya terlalu lama.

  • Menjemur dan menyetrika pakaian yang benar.

Saat Anda akan menjemur pakaian dibawah sinar matahari langsung, maka usahakan untuk membalik pakaian Anda terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari warna pakaian supaya tidak cepat pudar. Setelah kering, Anda juga tidak boleh menyetrikanya secara langsung, hal ini untuk menghindari suhu panas setrika yang dapat merusak warna dan tekstur kain. Akan lebih baik jika Anda menggunakan kain pelapis tipis saat menyetrika.

  • Menyimpan pakaian.

Anda perlu mengetahui cara menyimpan pakaian yang benar supaya usaha Anda untuk merawat pakaian bisa sempurna. Caranya adalah:

  • Usahakan menyimpan pakaian dengan cara menggantungnya.
  • Gunakan pengharum almari untuk menghindari bau apek.
  • Jika Anda punya plastik pembungkus hal ini akan lebih baik lagi karena bisa menjauhkan debu dari pakaian Anda.
  • Bersihkan lemari Anda secara rutin maksimal seminggu sekali.

Itulah beberapa cara merawat pakaian atau busana wanita Anda supaya warna dan kualitas bahannya selalu bisa tampak seperti baru.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*